Friday, January 23, 2009

Pertha, Trah Martowirono dan Obama




Nama bersejarah. Masyarakat suku Indian memberi nama anaknya yang baru lahir sesuai dengan situasi atau peristiwa aktual yang terjadi saat itu. Gara-gara hal inilah seorang anak Indian berkali-kali mengadu kepada ayahnya karena ia senantiasa diejek teman-temannya terkait nama yang ia sandang. Karena jengkel, sang ayah lalu menghardiknya : “Jangan tanya-tanya hal itu lagi, Kondom Bocor !.”

Rumus pemberian nama a la suku Indian itu juga menular ke warga Trah Martowirono. Tepatnya pada keluarga yang berbahagia, pasangan Anna Sari dan Rudy Agung Satriana. Pada tanggal 17 Januari 2009, mereka telah dikaruniai momongan baru, anak kedua, seorang putri yang diberi nama indah : Pertha Xactiva Anggelica Nugrahati.

Nama depan “Pertha” itu tentu memiliki makna yang bersejarah. Juga kenangan indah. Karena saat kelahiran warga baru Trah Martowirono, Trah Pawirosemito, dan sebagai cucu keluarga Endang Markiningsih-Wiranto itu, ayahnya sejak November 2008 sedang menempuh studi S-3 di Perth, ibukota Australia Barat. Sedang deretan nama berikutnya, mudah-mudahan dapat diterangkan lebih lanjut oleh kedua orangtua Pertha dalam acara Pertemuan Trah Martowirono 2009 mendatang.

Keluarga besar Trah Martowirono mengucapkan selamat berbahagia kepada keluarga Anna Sari – Rudy Agung (foto saat mengikuti Pertemuan Trah Martowirono di Wonogiri, 5/10/2008) juga kepada eyang Pertha, baik Eyang Endang, Eyang Wiranto, keluarga besar Trah Pawirosemito, dan juga keluarga besar Rudy Agung di Bantul Yogyakarta.


Catatan masa depan. Pertha dilahirkan di bawah zodiac Capricorn. Ia lahir dalam kalender Cina pada Tahun Sapi. Batu kelahiran yang cocok adalah garnet yang melambangkan kesetiaan dan keteguhan. Bunga kelahirannya adalah anyelir (carnation) warna hitam, biru gelap atau merah.

Pertha akan duduk di bangku taman kanak-kanak pada tahun 2014, boleh memiliki surat ijin mengemudi pada tahun 2025, lulus SMA tahun 2027 (“siapa tahu kelak ia akan menemukan nama dan momen kelahirannya tercatat di Internet”), dan lulus S-1 pada tahun 2031.


Kedung Gudel, Gedung Putih. Tanggal lahir Pertha bersamaan dengan tanggal lahir pemain sepakbola dari klub Liverpool asal Spanyol, Alvaro Arbeloa (1983), pesepakbola dengan gaya main unik asal Meksiko, Cuauhtémoc Blanco (1973), bintang film anak Connor Cruise (1995) yang anak adopsi dari bintang film Tom Cruise dan Nicole Kidman.

Tanggal yang sama juga menandai kelahiran bintang film bermuka plastik, Jim Carrey (1962), pecatur perempuan bergelar Grand Master asal Rusia Maia Chiburdanidze (1961), Robert F. Kennedy, Jr. (1954) yang anak dari Robert F. Kennedy dan Ethel Kennedy, musisi Inggris Paul Young (1956).

Kelahiran Pertha juga membawa berkah bahwa Trah Martowirono yang berakar dari Kedung Gudel Sukoharjo dan Trah Pawirosemito di Gemantar, Selogiri, kini memiliki hubungan erat dengan Gedung Putih, utamanya dengan keluarga presiden AS yang baru diangkat tanggal 20 Januari 2009 yang lalu : Barack Obama.

Karena hari ulang tahun Pertha sama dengan hari ulang tahun Ibu Negara AS, Michelle Obama yang dilahirkan pada tanggal 17 Januari 1964 (Bambang Haryanto).


tmw

No comments: