Thursday, August 23, 2012

John Denver, Erry's Song dan Reuni XXVI Trah Martowirono

Oleh : Bambang Haryanto
Email : humorline (at) hotmail.com



John Denver (1943-1997), penyanyi country, pencipta lagu dan aktivis kemanusiaan. Di antara 300 karyanya, lagu-lagu terkenalnya antara lain "Take Me Home, Country Roads", "Rocky Mountain High", dan "Sunshine on My Shoulders.”

Pada usia 11 tahun  John Denver menerima hadiah sebuah gitar akustik dari neneknya, yang membuatnya mampu tampil di klub-klub lokal ketika duduk sebagai mahasiswa.

Yang menyamakan John Denver dengan sebagian warga trah kita, ia anak tentara, angkatan udara. Hal itu pula yang membentuk dirinya pada usia dewasa untuk menjadi pilot andalan, sekaligus jalan terbaik yang dipilihkan Tuhan untuk menemui ajalnya.

Penghormatan dan eskpresi cinta keluarga untuk Herpadmiatun, 31 Juli 2012

John Denver punya ucapan menarik tentang ajal.
“Kematian bukan sebuah akhir, tetapi merupakan lambang  gerakan menyusuri jejak perjalanan yang akan ditempuh oleh kita semua. Sebagaimana  penderitaan karena kita kehilangan kontak dengan seseorang yang kita cintai, spiritnya tak akan pernah hilang. Kita selalu dan selamanya terus menjadi bagian dari yang lainnya.”

Kesedihan dan duka telah mampu ia ubah menjadi sesuatu yang indah, seperti tercermin dalam lagu ciptaannya, Annie’s Song. Lagu itu ia gubah untuk mengenang istri pertamanya, Annie Martell. Padahal waktu bercerai, ia dikabarkan sempat mau mencekik istrinya. Dan dengan gergaji mesin ia membelah jadi dua ranjang pengantinnya.

Tapi simaklah lirik lagu Annie’s Song itu.

“Engkau merasuki jiwaku seperti malam memeluk hutan, seperti gunung-gunung di musim semi, seperti berjalan di bawah hujan, seperti badai di padang pasir, seperti mengantuknya permukaan laut yang biru. Engkau merasuki jiwaku, mengisinya sekali lagi.”

Duka telah mampu ia jalani.
Bahkan juga ia kenang sebagai keindahan. 

“John Denver, kau kini telah bersama Tuhan. Ijinkanlah aku hari ini untuk mengubah judul lagumu itu, dengan nama orang yang sama-sama kami cintai. Dan setiap kali mendengarkan lagu ini, akan kami kenangkan cinta akan kebaikannya

Judul semula Annie’s Song dan hari ini dan selanjutnya, bagi semua trah kita, judulnya menjadi : Erry’s Song.  

Mas Untung, Rico dan Bunga, lagu ini khusus untuk Anda.


Wonogiri, 22 Agustus 2012


*) Obituari untuk mengenang wafatnya Herpadmiatun (3 Juni 1956-30 Juli 2012) ditulis dan dibacakan oleh Bambang Haryanto dalam acara Reuni XXVI Trah Martowirono di Dukuhan, Nayu, Kadipiro, Solo. Reuni kali ini bertemakan country.

No comments: