Wednesday, July 28, 2010

Hadir Kini, Profesor Di Tengah Trah Martowirono Kita



Oleh : Bambang Haryanto
Email : humorline (at) yahoo.com

Keluarga Besar Trah Martowirono berbangga karena salah satu warganya, Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd., akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Waktunya : Senin, 2 Agustus 2010. Bertempat di Auditorium UNS Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan, Surakarta. Acara dimulai jam 10.00.

Judul pidato beliau di depan Sidang Senat Terbuka UNS adalah "Pembentukan Karakter Anak Bangsa Melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia."

Rindu bertemu. Dalam email 26/7/2010 yang dikirimkan kepada Bambang Haryanto, tertulis : “Met malam Mas Bambang. Kemarin saya ke rumah dik Endah, Yogya, titip undangan 2 Agustus. Saya harapkan bisa rawuh dengan keluarga yang lain.

Dalam undangan tertulis untuk satu orang dan undangan harap dibawa; itu hanya formalitas alias undangan satu bisa untuk 2 orang. Mohon doa restu agar acara pengukuhan guru besar saya berjalan lancar dan sukses. Amin.

Salam hormat dan rindu bertemu buat seluruh keluarga besar Martowirono.”

retno winarni,agus,trah martowirono,guru besar uns,pendidikan bahasa indonesia

Selamat untuk Ibu Winarni, Bapak Agus, dan seluruh keluarga yang berbahagia. Prestasi beliau ini pasti menjadi teladan, inspirasi yang mencerahkan dan menghangatkan hati bagi seluruh warga keluarga besar Trah Martowirono. Seperti halnya saat kehadiran kedua beliau dan keluarga, antara lain nampak dalam foto saat hadir dalam acara Reuni Trah Martowirono XXII, Di Kajen Wonogiri, 5 Oktober 2008.

Trivia dari Kajen. Mungkin ini berita tak begitu penting. Insya Allah, kontingen kubu Kajen, keturunan taler IV, Sukarni/Kastanto Hendrowiharso, akan hadir. Bahkan melalui hubungan kabel panas, alias hotline antara Wonogiri-Solo-Bogor, segera kami mempersiapkan “sesuatu” dalam menyambut dan memeriahkan momen bersejarah itu. Kata kunci untuk happening tersebut adalah : atraksi makan beling :-).

Sebagai catatan sejarah, bersamaan dengan pengukuhan Ibu Retno Winarni juga dilaksanakan acara pidato serupa oleh Prof. Dr. Ir. Nandariyah, M.S. Beliau ini akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu Pemulihan Tanaman pada Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Judul pidatonya adalah "Pemulihan Tanaman Buah-Buahan, Peluang dan Tantangan Dalam Mendukung Kemajuan Pertanian di Indonesia."

Kehadiran guru besar berikutnya dari keluarga besar Trah Martowirono, saya yakin, akan segera menjadi kenyataan. Kita tunggu dengan kegembiraan !


Wonogiri, 28/7/2010

No comments: