Thursday, December 10, 2009

Makna 9 dan 11 Desember Bagi Trah Martowirono



Oleh : Bambang Haryanto
Email : humorline (at) hotmail.com


Hari intifada. Tanggal 9 Desember 2009 kita di Indonesia heboh dengan aksi demo memperingati Hari Anti Korupsi Internasional.

Pada tanggal yang sama juga tercatat kejadian bersejarah di tahun 1990 saat Lech Walesa, pemimpin serikat buruh Solidaritas, memenangkan pemilu langsung pertama Polandia untuk meraih kursi presiden. Pada tahun 1987 terkait konflik Israel-Palestina, pada tanggal tersebut dimulai gerakan intifada di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Pada tahun 1909 lahir di dunia Douglas Fairbanks, Jr., bintang film AS. Sedang pada tahun 1916, lahirlah bintang film yang lain, juga terkenal, Kirk Douglas, yang ayah aktor/sutradara Michael Douglas. Sonia Gandhi, politisi India kelahiran Italia, lahir pada tahun 1946.

Pemain sepakbola Perancis dan bek klub Bayern Muenchen, Bixente Lizarazu, lahir tahun 1969. Tanggal 9 Desember 1982 adalah tanggal lahir dari atlet balap sepeda Rusia, Tamilla Abassova dan Nathalie De Vos, atlet terkenal Belgia.

Bagi warga Trah Martowirono, khususnya Taler IV, tanggal tersebut, 9 Desember 1982 itu, cukup menggugah kenangan. Karena tepat 27 tahun meninggalnya Bapak Kastanto Hendrowiharso (foto, saat beliau menjadi pengantin, tahun 1952). Beliau meninggal tanggal 9 Desember 1982 di RSUD Wonogiri dalam usia 54 tahun.


Menuju bulan. Peristiwa bersejarah terjadi pada dua hari kemudian, tetapi 10 tahun sebelumnya. Tepatnya, tanggal 11 Desember 1972.

Dunia mencatat usaha manusia menjelajah ruang angkasa. Yaitu : pendaratan wahana ruang angkasa Apollo 17 yang menjadi misi Apollo yang keenam untuk mendarat di bulan.

Itu terjadi di Amerika Serikat. Sementara di belahan dunia yang lain, pada tanggal yang sama, adalah saat meninggalnya Eyang Kakung Martowirono (foto atas). Beliau wafat hari Rebo Legi, 11 Desember 1972, di rumah Kedunggudel. Hari ini kita memperingati 37 tahun meninggalnya beliau.

Tanggal yang sama pada tahun yang lain tercatat, Che Guevara berpidato di depan Sidang Umum PBB di New York (1964). Protokol Kyoto yang mengatur emisi gas rumah kaca demi mencegah bahaya pemanasan global ditandatangani (1997).

Juga ditangkapnya Bernard Madoff, bankir AS, yang melakukan penipuan finansial memakai rumus Ponzi, alias penggandaan uang secara berantai, menimbulkan kerugian sampai 50 milyar dollar. Ia kini dihukum 150 tahun penjara (2008).

Tanggal yang sama pada tahun 1940 adalah tanggal lahirnya David Gates, musikus dari kelompok Bread. Lagu-lagu indahnya antara lain “Aubrey,” sampai “Make It With You.”

Politisi AS dari Partai Demokrat, John Kerry yang gagal bertarung vs Bush, lahir pada tahun 1943.

Kembali ke Kedunggudel. Saat itu, saat Eyang Martowirono wafat, saya duduk di kelas 2 STM Negeri 2 Yogyakarta. Menjelang Eyang Martowirono wafat, seingat saya, saya dan Ibu Endang menyapa beliau di tempat tidur.

“Mbah Kakung, ini Bambang. Mbah Kakung, ini Endang,” kira-kira begitu. Hanya itu saja yang saya ingat. Saya tidak tahu apakah pada saat itu pula beliau wafat dan dimakamkan.

Tetapi rumah Kedunggudel itu menyimpan banyak kenangan. Di rumah itu, bagi saya, banyak bacaan menarik. Dari buku Babad Pacitan, majalah Sosiawan keluaran Departemen Sosial, sampai tumpukan majalah berbahasa Jawa, Penyebar Semangat.

Di majalah ini yang saya sukai adalah komik Panthom dan kartun Pak Klombrot. Leluconnya seperti orang kejatuhan buah kelapa. Lelucon jadul.

Selamat jalan, Pak Kastanto. Selamat sejahtera, mBah Kakung Martowirono. Semoga kedua pepunden itu kini senantiasa sejahtera di sisi Yang Maha Kuasa. Para keturunanmu kini bangga membawa misi hidup masing-masing, dengan bangga senantiasa mengibarkan nama keduanya..

Untuk kebaikan sesama. Di mana-mana.


Wonogiri, 11 Desember 2009.

No comments: