Sunday, March 31, 2013

30 Maret, Sukarni 80 Tahun dan Cucu Baru

Oleh : Bambang Haryanto
Email : humorline (at) hotmail.com


30 Maret 1933
30 Maret 2013

Sukarni Kastanto Hendrowiharso.
Asli Kedunggudel, Kenep, Sukoharjo.
Anak keempat Bayan Martowirono

Sosokmu masih dan terus hidup dalam kenangan. 
Utamanya kenangan ketika setiap kali kau menceritakan kembali lelucon yang aku tulis di tahun 1967 di majalah yang kau langgan, majalah organisasi istri tentara, dalam setiap kali pertemuan keluarga. 
Lebaran 1962. Keluarga Kastanto Hendrowiharso.

Hal itu membuatku malu-malu dan sekaligus senang saat itu. 
Dan ternyata aku terus menulis hal yang sama, sampai kini, walau pun kau kini tak bisa membacanya atau menceritakannya kembali.

Kau meninggalkan kami, 20 November 1993.
Tetapi tidak untuk pitutur, keteladanan dan cintamu.
Selamat ulang tahun, Ibu.

- Bambang Haryanto

PS : Ketika diunggah di akun Facebook saya, telah memperoleh tanggapan yang mengharukan. Noe Aryant, Nani Mayor, Oyos Saroso H N dan 5 lainnya menyukai ini.

Ratih Poeradisastra  : Semoga Ibu mendapat tempat yg mulia di sisi Allah. Pasti Ibu bangga memiliki anak seperti dirimu.

Sabtu pukul 12:17 · Batal Suka · 1

Sulistyo Haryono  : Mas Bambang Haryanto...semoga Ibu tenang disisi Allah dan keluarga besar selalu mendapat rahmat dan hidayah NYA.....
Sabtu pukul 13:37 · Suka
    

Sulistyo Haryono  : Mas ..coba sy tebak ya ini tahun 1961-62....   
Sabtu pukul 13:38 · Suka

Murtini Pendit : Seorang ibu selalu bangga ttg anaknya, betapa kecilpun pencapaiannya.
Sabtu pukul 13:51 · Batal Suka · 1
   
Bambang Haryanto : Terima kasih, Ibu Murtini Pendit, ucapan Anda itu menunjukkan betapa rendah hati dan mulianya hati seorang ibu.
 

Matur nuwun, mBak Ratih Poeradisastra, untuk doa Anda. Sebagai anak nomor satu, ya biasalah saya jadi tukang catat cerita-cerita beliau. Waktu SMP saya suka bilang, "esok pagi dibangunin ya bu, aku mau belajar." Waktu subuh pipi saya tiba-tiba ada belaian telapak tangan yang terasa dingin sekali.Itu tanda saatnya bangun. Ternyata ibu isah-isah (mencuci piring) dulu, baru membangunkan saya.
 

Betul, Mas Sulistyo Haryono. Itu tahun 1962. Setiap bakdo/Lebaran kami apel ke foto studio Sun/Surya, kios pasar Wonogiri kita itu. Pemotretnya masih ngumpet di balik kerudung dan agar anak-anak mau fokus melihat ke kamera, si pemotret membunyikan bel . Matur nuwun untuk doa panjenengan.

Makasih untuk Yohanes Yantono ("selamat merayakan Paskah ya), Aris Thofira, dan juga mBakyuku yang jauh-jauh dari Seattle, Saraswati Sunindyo. telah berbaik hati memberikan tanda empati. Semoga Allah senantiasa melimpahi berkah dan kebaikan bagi Anda semua. Sabtu pukul 17:19 · Suka · 2


Tinuk Yampolsky (dari Illinois, AS ) : Sejarah keluarga yang selalu manis dikenang, terutama tentang ibu. Suamiku selalu mengenang setiap hari kelahiran ibunya dengan "sesajen" yang dia sediakan di meja berupa: sebuah apel, muffin kesukaan almarhum ibunya, secangkir kopi, vas bunga dan majalah the New Yorker (semuanya itu hal-hal yang dekat dengan ibunya semasa hidupnya).

Katanya, "sesajen" tak harus dipandang sebagai sesuatu yang "takhayul", tapi hal manjur buat mengungkapkan perasaan kedekatan kita dengan leluhur.

Sabtu pukul 23:01 · Batal Suka · 2

Breaking News : 

"Mohon doanya smoga lancar dan selamat, Evy mau melahirkan mlm ini sdh di RS Dr. Oen Kandang Sapi. Thx." (SMS dari Basnendar. Sabtu, 30 Maret 2013 : 19.42.00).

"Tks Bas utk kabarmu. Smg persalinan dik Evy lancar, sehat bagi ibu dan anak. bila lahir 30 Maret, sama dengan HUTnya ibu kita. Ibu pasti bangga terhadapmu. Aku tunggu kabarmu." (SMS Bambang Haryanto ke Basnendar. Sabtu, 30 Maret 2013 : 20.00.18).

"Alhamdulillah. Dengan perasaan suka cita bangga yang tiada bisa terkatakan serta puji syukur kehadirat Allah SWT kami telah dikaruniai seorang putra yang lahir pada hari Sabtu, 30 Maret 2013, pkl 21.00 wib. Berat 2,8 kg, panjang 51.

Suatu karunia Illahi yang tiada tara. Semoga menjadi anak sholeh berbakti kepada Allah, orang tua, Nabi Muhammad, nusa bangsa dan umat manusia. Amin." (
SMS dari Basnendar. Sabtu, 30 Maret 2013 :21.50.36).

"Alhamdulillah, Bas. Selamat ya dan aku ikut bahagia untuk kelahiran keponakanku yg baru ini. Salam." (SMS Bambang Haryanto ke Basnendar. Sabtu, 30 Maret 2013 : 21.59.00).

"Pas ibu ulang tahun, tambah lagi cucu dr anak terkecil, Basnendar ! Amin dan alhamdullilah" (SMS dari Broto Happy Wondomisnowo. Sabtu, 30 Maret 2013 : 22.53.39. Saat itu berada di Balikpapan).

Info ekstra : Selain Broto Happy (Bogor) sedang bertugas sebagai wartawan di Balikpapan, Nuning (Wonogiri) sedang memandu bus wisatanya ke Bali, Budi di Yogya  dan Bonnie (Tasikmalaya) sedang mengikuti Tabligh Akbar di Senayan, Jakarta.

(Kembali ke rangkaian komentar di Facebook) : Bambang Haryanto : Cerita 30 Maret 2013 bagi keluarga besar kami rasanya tambah manis. Karena tepat di ulang tahun ibu, beliau ketambahan cucu.
Kemarin jam 0:41 · Suka · 1
   
Murtini Pendit : Kalau di Bali yg percaya inkarnasi, kelahiran cucu itu akan dikaitkan dgn inkarnasi eyangnya.

22 jam yang lalu · Batal Suka · 1
   
Bambang Haryanto : Terima kasih, Ibu Murtini Pendit. Tanggal kelahiran yang sama antara eyang dan cucunya itu bermanfaat,antara lain, semakin memudahkan kita untuk mengingatnya.

19 jam yang lalu · Suka
   
Murni Widyastuti : Walau telat slamat untuk bertambahnya klg besar mas Bambang

18 jam yang lalu · Batal Suka · 1
   
Bambang Haryanto : Matur nuwun, mBak Murni Widyastuti. Sayang, saat kita sama-sama tinggal di sekitar Jl. Balai Pustaka Timur Rawamangun (Anda di sisi barat dan saya di sisi timur), 1980-an, belum ada Facebook ya ? Salam.

14 jam yang lalu · Telah disunting · Suka

    


Wonogiri, 1 April 2013
 

No comments: